Materi
Power Point
PENDAHULUAN
Microsoft
Power Point merupakan salah satu
aplikasi milik Microsoft, disamping Microsoft Word dan Microsoft Excel
yang
telah banyak kenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office.
Pada
dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu user
dalam
menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk
dapat
menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada
Audience.
Dengan
fasilitas, Animation, suatu slide dapat
dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas: Font
Picture,
Sound dan Effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang lebih
bagus. Bila
keadaan ini dapat disajikan, maka para pendengar dapat kita tarik
perhatiannya
untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan.
Setiap
lembar tayangan berisi materi disebut
Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam
menyampaikan suatu topik dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh
audience dengan
efektif, sebaiknya buat terlebih dahulu point bahasan yang perlu
dicantumkan
pada slide secara garis besar, dan diikuti sub point dari masing-masing
point
yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud.
Berilah bullet, font, dan color yang menyolok pada point yang paling
utama agar
menjadi pusat perhatian.
PEMAHAMAN
TOOLBAR
Toolbar
merupakan salah satu bagian yang paling
penting dari Power Point. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses
kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik
salah
satu icon yang mewakili perintah yang Anda inginkan. Bila
icon tampak tertekan
ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, Anda
tinggal
menekan icon tersebut sekali lagi.
Untuk
mengaktifkan masing-masing
Toolbar, gunakan Menu View, Toolbar, kemudian tandai nama Toolbar yang
ingin
ditampilkan, sehingga muncul tanda cek didepan nama jenis toolbar.
PENGGUNAAN
MENU
Pada
kondisi Default, Menu
Bar Power Point terdiri dari sembilan kelompok menu. Mulai dari File di
ujung
kiri sampai Help di ujung kanan. Untuk mengakses perintah pada salah
satu menu,
cukup klik nama perintah yang diinginkan. Pada layar akan muncul kotak
dialog
yang berhubungan dengan perintah tersebut
MEMULAI
POWER POINT
Untuk
memulai Power Point ada beberapa tahap
yang harus dilakukan, yaitu:
1. Buka Start Menu, dan pilih Programs, Microsoft Power Point (Lihat gambar 3). Setelah itu akan muncul kotak dialog Power Point, yang mana nantinya akan diberikan 4 pilihan, dan kita dapat memilih salah satu options tersebut: Auto Content Wizard, Template, Blank Presentation, atau Open Existing Presentation.
2. Setelah
kita pilih salah satu, klik OK atau
tekan Enter. Selanjutnya, akan muncul layar New Slide dan tentukan
AutoLayout
yang kita inginkan.
3.
Pilih OK atau tekan
Enter.
TAMPILAN
JENDELA POWER POINT
Setelah kita
melakukan kesemua hal di atas, kita
akan melihat layar Power Point dan mulailah untuk membuat Presentasi
yang kita
inginkan.
Keterangan:
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.
Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.
Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
MENYIMPAN
DAN MENUTUP POWERPOINT
Menyimpan
Presentasi
Saat pertama
kali menyimpan presentasi, gunakan
menu File, Save As. Aplikasi akan menampilkan kotak dialog Save As.
Ketikkan
nama file yang kita inginkan pada bagian File Name.
Ketikkan
nama file yang kita inginkan pada bagian File Name. Pilih
atau ubah drive penyimpanan pada Menu Save in. Klik OK untuk mengakhiri
penyimpanan.
Menutup
Presentasi
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
MEMBUKA
PRESENTASI
Saat
PowerPoint dijalankan, kotak dialog PowerPoint akan muncul
pada layar. Ada empat pilihan pada kotak dialog ini, meliputi Template,
Blank
Presentation, AutoContent Wizard, dan Open Existing Presentation.
Tampilan
kotak dialog pada gambar 6 di atas digantikan
dengan penggunaan TaskPane pada versi PowerPoint yang lebih tinggi.
Bila kita
ingin memakai file-file presentasi
yang sudah disediakan oleh PowerPoint, pilih Template. Bila ingin
membuat
presentasi dari halaman "kosong" tanpa warna atau style, pilih Blank
Presentation. Sementara bila kita membutuhkan panduan tahap demi tahap
selama
pembuatan, pilihlah AutoContent Wizard.
Pilihan
Autocontent Wizard
Bila kita
memilih ini, pada layar akan muncul
secara berurutan enam buah kotak dialog dengan berbagai pilihan dan
kotak isian
di dalamnya, beserta langkah sistematisnya. Selanjutnya tinggal memilih
wizard
yang sesuai dengan kebutuhan presentasi yang sedang disiapkan
Pilihan
Template
Bila kita
menggunakan ini untuk membuat
presentasi baru, kita tinggal mengklik ganda salah satu icon template
yang
tersedia pada kotak dailog New Presentation. Ada empat kelompok
template,
yaitu:
· General
berisi presentasi kosong.
· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.
· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.
· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
Untuk
memilih Template, klik menu Format, Apply Design Template.
Pilihan
Blank Presentation
Bila kita
memilih ini, pada kotak dialog
PowerPoint akan muncul kotak dialog New Slide. Kita bisa memilih salah
satu
tata letak presentasi yang tersedia.
Tata letak
slide dapat diubah setiap saat, caranya klik menu
Format, Slide Layout atau dengan menekan tombol Slide Layout pada status
bar.
Setelah slide dibuat, kita bisa menyisip slide baru dengan mengklik menu
Insert, New Slide atau dengan mengklik tombol New Slide pada Toolbar
standard.
Pilihan Open
An Existing Presentation
Selain
membuat presentasi baru, kita juga bisa membuka file-file
yang telah dibuat sebelumnya yang tersimpan pada Harddisk dan Disket.
Pada
layar akan muncul kotak dialog Open. Kita bisa mencari file
presentasinya.
BEKERJA
DENGAN TEKS
Mengetikkan
Teks
Untuk
mengisikan teks kedalam slide, kita cukup
mengganti teks contoh (Clik to Add) yang berada pada kotak-kotak
placeholder.
Pada saat kita mengklik kotak placeholder, sebuah bingkai akan muncul
mengelilinginya. Ini menandakan kotak tersebut telah dipilih
dan siap untuk diisi teks. Pada saat yang sama teks contoh akan lenyap,
ketikkan teks yang akan ditampilkan pada kotak tersebut. Setelah teks
diketikkan, klik ruang kosong diluar bingkai untuk kembali ketampilan
semula.
Atau bisa juga dengan mengklik tombol Text Box pada Toolbar Drawing
untuk
menyisipkan kotak teks. Mulailah
mengetikkan teks yang kita inginkan.
MEMFORMAT
TEKS
Perataan
Teks
Didalam
slide PowerPoint, pengertian perataan teks adalah posisi
teks pada kotak Placeholder. Rata pada pinggir kirikah, rata pinggir
kanankah,
dan seterusnya. Format semacam ini diperlukan untuk teks-teks tertentu
misalnya
judul document memakai teks yang berada diposisi tengah.
Untuk
mengatur perataan teks ikuti
langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Pilih teks yang akan diatur perataannya, lalu
klik menu Format, Alignment.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
Format Huruf
Pilih
teks yang akan diubah format hurufnya,
lalu klik menu Format, Font. Langkah selanjutnya, kita atur
pilihan-pilihan
yang disediakan kotak dialog Font.
Dapat juga
kita mengatur format huruf dengan menggunakan
tombol-tombol pada toolbar Formatting.
Jarak Baris
dan Paragraf
Jarak baris
merupakan jarak antara suatu baris
teks diatas serta di bawahnya. Di sini kita bebas mengatur jarak baris
secara
bebas. Jarak
Paragraf merupakan jarak antara suatu paragraf
dengan paragraf di bawah dan di atasnya.
Untuk
menentukan jarak
baris dan paragraf dapat kita lakukan dengan memilih teks atau paragraf
yang
akan diubah, kemudian klik Format, Line Spacing. Klik tanda
panah pada kotak Line Spacing, Before
paragraf dan After paragraf. Atau bisa juga dengan mengetikkan langsung
pada
kotak tersebut untuk mengubah jarak baris / paragraf keukuran yang
diinginkan.
Bullet
Adalah suatu
peneomoran dengan menggunakan
bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, bujur sangkar, garis, panah,
dan
lain-lain. Untuk memformat Bullet, pilih teks yang akan diberi bullet,
lalu
klik menu Format, Bullet.
Kotak dialog
akan muncul dilayar. Pada kotak
Bullets From, pilih jenis huruf yang ingin dipakai sebagai bullet. Kita
juga
bisa memilih warna dari kotak Color. Dan untuk mengubah ukuran bullet,
atur
kotak Size.
Teks Efek
Khusus
Beberapa
bagian slide membutuhkan penanganan khusus. Agar
lebih menarik
perhatian, format huruf dekoratif bisa dipakai untuk menulis teks.
PowerPoint
menyediakan fasilitas WordArt untuk hal ini. Untuk mengaktifkannya, klik
menu
View, Toolbars, WordArt. Toolbar WordArt akan tampil dilayar.
Untuk
menyisipkan teks, klik tombol Insert
WordArt. Kotak dialog akan muncul dilayar. Pilih salah
satu efek yang diinginkan, lalu klik
OK.
MENYISIPKAN
GAMBAR DAN FOTO
Membuat
Gambar
Untuk mulai
menggambar, klik menu View, Slide
dan klik menu View, Toolbars, Drawing Toolbars. PowerPoint telah
menyediakan
fasilitas pembuatan gambar, caranya klik tombol AutoShapes pada Toolbar
Drawing.
Ada enam
pilihan bangun, yaitu; Lines (macam-macam
garis), Basic Shapes (bangun sederhana), Block Arrows (macam-macam
panah),
Flowchart (simbol-simbol diagram alir), Stars and Banners (bintang dan
banner),
dan Callouts (kotak keterangan gambar). Arahkan pointer kemasing-masing
pilihan
untuk melihat isinya.
Mengatur
Posisi Objek Pada Slide
Kita bisa
menggunakan fasilitas ini dengan
mengklik tombol Draw, Align or Distribute (Bila menu ini nonaktif, klik
pilihan
Relative to Slide untuk mengaktifkannya). Klik tombol yang sesuai dengan
keinginan kita.
Menyisipkan
Foto
Kita dapat
langsung menyisipkan foto kedalam slide, caranya:
tempatkan pointer mouse kebagian document yang ingin disisipi, kemudian
klik
menu Insert, Picture, From File.
Menyisipkan
Media Audio Visual
Media audio
visiual seperti movie, sound, lagu,
animasi dan atau suara yang langsung bila hardware komputer yang
tersedia
memungkinkan. Langkah penyisipan melalui tandar toolbar Insert sebagai
berikut
Selain objek
penyisipan tersebut di atas, masih
terdapat banyak objek lain yang dapat disisipkan dalam slide PowerPoint
seperti
terlihat pada pilihan menu Insert gambar 21. Objek lain yang dapat
disisipkan
diantaranya adalah, Organisation Chart, Tabel, Diagram, Chart dan
sebagainya.
Sisipan
dokumen lain dapat dilakukan pula dari
Ms Word dan atau Ms Exel melalui menu Insert, Object dan klik pilihan
objek
sumber lain yang diinginkan.
PENUTUP
Menjalankan
Presentasi
Saat
menjalankan presentasi pada layar komputer
(on-screen), seluruh layar akan digunakan dan komponen-komponen layar
seperti
toolbar, menu, dan lain-lain akan hilang dari layar. Cara menjalankan
presentasi ini cukup sederhana, buka presentasi yang akan dijalankan,
lalu klik
menu View, Slide Show atau menu Slide Show, View Show. Bisa juga
digunakan
KeyStroke F5, tapi perlu diingat bahwa cara ini akan selalu membawa kita
pada
presentasi yang dimulai dari slide pertama.
Selanjutnya
untuk menuju slide-slide yang lain
kita bisa menggunakan salah satu: enter, panah, tuts N (next) dan tust P
(previous) pada keybord. Bisa juga menggunakan klik kiri pada mouse dan
atau
scroll maju (untuk next) dan mundur (untuk previous).
Untuk menuju
halaman tertentu, klik kanan mouse sehingga muncul
dialog box pada Gambar 22, klik Go, By Title dan pilih slide yang akan
dituju
sesuai dengan titlenya.
Memilih
Media Presentasi dan Mencetak Presentasi
Memilih
Media Media presentasi adalah bahan atau
alat yang dipakai untuk menyajikan presentasi. Untuk memilih media
presentasi,
klik menu File, Page Setup. Kotak dialog akan muncul, isikan sesuai yang
kita
inginkan.
Mencetak
Presentasi
Kita dapat
mencetak komponen-komponen presentasi
mulai dari slide, notes pages, handout, sampai outline. Untuk mencetak
salah
satu komponen, klik menu File, Print. Kotak dialog akan muncul di layar.
Pada
bagian Print What, pilih komponen yang akan dicetak.
Jenis
cetak yang dibuat
seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Sebagai
contoh bila dipilih Print what Handouts,
Color Grayscale, Slides per pages 4 maka akan kita peroleh printout
dengan
bentuk satu lembar berisi 4 slide dengan warna gambar backgraound
abu-abu dan
text hitam
ayhu kartika Download di sini ya...!
ayhu kartika Download di sini ya...!
0 komentar:
Posting Komentar